Langsung ke konten utama

PENGUBAH SEGALANYA, APA SIH ITU?


 


Beberapa hari yang lalu, saya bertemu dengan manusia, yang tak lagi mudah usianya. Berbadan tegap, dengan sedikit kerutan di wajahnya. Saat sedang ingin menaiki kendaraan air, saya berpas-pasan dengannya, dia pun menegurku.

“Hai, nak.”

“Iya, Kek.” Spontan aku menjawab.

“Mau kemana?” tanya Dia.

“Ke kota, Kek. Ada apa ya, Kek.” Aku pula yang bertanya.

“Kakek ingin ke kota, Cuma gak ada tumpangan, hehe …,” tersenyum kulihat tingkahnya.

“Oh … kalau begitu dengan saya aja, Kek. Kan lumayan juga ni kalau dari sini ke Kota pakai jalan kaki.” Tawarku padanya, “Kebetulan saya juga sendiri.”

“Oh … baiklah kalau begitu, tidak keberatankan membawa, Kakek.”

“Aman, Kek. Yum naik.” Aku meyakinkannya.

Sepanjang perjalanan ia pun bercerita, dari mana asalnya, apa tujuannya ingin ke Kota, dan lain sebagainya. Namun yang unik adalah niat dan keyakinan beliau ketika keluar dari rumah. Ketika mendengarkan itu, aku terkagum-kagum dan keluar pertanyaan di dalam hatiku, ‘Kok bisa?” begitu seterusnya.

Apa sih yang membuat ku kagum dengan Kakek ini, ketika hendak ingin keluar rumah, ia meniatkan untuk bersilaturahmi ke rumah keluarganya yang ada di kota, karena tidak memiliki kendaraan, ia pun nekat untuk berjalan kaki. Apabila dihitung sekitar delapan jam perjalan menggunakan jalan kaki, sekitar satu jam lebih ketika menggunkan sepeda motor.

Ia bilang padaku, kalau ia sudah terbiasa berjalan kaki seperti ini, ini juga alasan kenapa badannya tetap bugar seperti pemuda berusia 20 hingga 25 tahun.

Dia yakin, bahwa ia akan sampai ke kota, Tuhan tidak tidur, dan Tuhan selalu melihat kemana ia akan pergi dan kembali. Dia yakin, Tuhan tidak akan menelantarkannya, ketika melakukan perjalanan, tidak banyak bekal yang ia bawa, hanya sedikit uang dan pakaian yang ia kenakan.

Ketika ku bertanya kenapa? Ia menjawab bahwa Tuhan sudah menyediakannya di sana, untuk apa risau, apalagi bimbang dengan hal itu, cukup yakin dan yakin bahwa semuanya akan di tanggung oleh Tuhan.

Luar biasa! dengan keyakinan, bisa mengubah bimbang, ragu, tidak percaya diri, dan lain sebagainya menjadi sebuah prestasi yang tidak pernah kita bayangkan selama ini, dengan keyakinan bisa mengubah cara jalan, cara berfikir, dan cara pandang kita dalam mengarungi liku-liku kehidupan ini. Sehingga tidak pernah sedikit pun kita merasakan kekurangan, maka mengalir rasa syukur tanpa hentinya.

 

"Sisihkan gelombang-gelombang kerisauan dengan kekuatan kesabaran dan keyakinan." - Ali bin Abi Thalib

 

 

Komentar