Langsung ke konten utama

Kaya! Untuk apa?



 

Aku punya teman, sebut saja dia Mr. A, bersama dengannya sejak Sekolah Dasar dulu, hingga menempuh Pendidikan Tinggi saat ini. aku pernah serumah dengannya, pernah satu organisasi dengannya, pernah berbagi cerita dari yang bahagia hingga ke duka.

Malam ini aku sedikit bercengkerama dengannya, membahas sedikit perihal dunia dengan tujuan menjadi kaya. Kaya dalam artian bukan hanya tentang harta, melainkan candu menolong sesama.

Bermimpi untuk kaya tidaklah masalah. Bisa jadi kaya yang nantinya akan menolong sesama manusia, bisa jadi nantinya akan menjadi tangan ketiga untuk membantu manusia yang sedang menunggu uluran tangan darinya.

Cukup mulia cita-citanya, bukan hanya memikirkan dirinya saja, melainkan memikirkan umat yang tak terhitung jumlahnya. Bukan hanya berbagi kata-kata, tapi juga ikut mengimplementasikannya.  

Kesehariannya sekarang, selain berbisnis juga diisi dengan hal-hal yang mendekatkan diri dengan Tuhannya. Mengingat dia berujar, “Aku memang bermimpi untuk menjadi kaya, bergelimangan harta, dan mampu membantu sesama. Menjalankan hal itu semua, bukan berarti aku harus meninggalkan perkara wajib yang telah diperintah oleh-Nya. Berjuang keras di dunia itu memang sudah fitrahnya manusia, sebelum nanti kita hidup abadi di alam yang telah dijanjikan oleh-Nya.”

“Dalam membantu sesama, memang banyak cara. Namun cara ini adalah pilihanku saja, atas pertimbangan yang ada, dengan memikirkan banyak hal untuk melaluinya. Pastinya aku sudah mempersiapkan segala cara, agar ketika gagal di satu cara, bisa mengambil langkah yang lainnya.”

Begitulah apa yang diutarakannya, berjuang keras, melawan omongan pedas, hanya ingin membantu orang-orang yang tertindas. Semoga Tuhan membalas sesuai apa yang telah engkau tunas, semoga Tuhan ganti sebanding dengan apa yang engkau kuras.

Banyak manusia ingin menjadi baik, tapi lupa untuk berbuat baik!

Komentar